2012-04-23

Ruang Lingkup (Subsistem) SIG

Wah, udah lama nih gan, ane gak update blog. Mumpung lagi bisa update, nah sekarang ayuuukk kita lanjutin belajar mengenai SIG-nya alias Sistem Informasi Geografis...

Sistem informasi geografis merupakan sistem yang dapat mendukung pengambilan keputusan spasial dan mampu mengintegrasikan deskripsi-deskripsi lokasi dengan karakteristik-karakteristik fenomena yang ditemukan. Sistem informasi geografis dapat dijabarkan menjadi beberapa subsistem yaitu:
Sesuai gambar diatas, dalam sebuah sistem informasi geografis terdapat subsistem-subsistem (Prahasta, 2001) yaitu:

1.     Subsistem input data
     Subsistem ini bertugas untuk mengumpulkan dan mempersiapkan data spasial dan data atribut dari berbagai sumber. Subsistem ini juga bertanggungjawab untuk mentransformasi format-format data asli ke dalam format yang dapat digunakan oleh SIG.
2.      Subsistem manajemen data
      Subsistem ini mengoperasikan data spasial maupun data atribut kedalam sebuah sistem basis data sedemikian rupa sehingga data spasial tersebut mudah dicari, diubah, dan disimpan kembali.
3.      Subsistem manipulasi dan analisis 
Subsistem ini menentukan informasi-informasi yang dapat dihasilkan oleh SIG. selain itu, subsistem ini juga melakukan manipulasi dan pemodelan data untuk menghasilkan informasi yang diharapkan.
4.      Subsistem output
    Subsistem ini menampilkan atau menghasilkan keluaran keseluruhan atau sebagian basisdata, baik dalam bentuk softcopy maupun hardcopy, dalam format tabel, grafik, peta, atau format lainnya.


Sumber : Prahasta, E. 2001, Sistem Informasi Geografis: Konsep-konsep Dasar., Bandung, Informatika.

1 komentar:

  1. Kami juga mempunyai artikel yang terkait implementasi gis, bisa di download disini:
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2564/1/The%20Use%20of%20Geographic%20Information%20System%20(GIS)%20MAPPING.pdf
    semoga bermanfaat :D

    BalasHapus