2012-04-23

Penilaian Kinerja


Pengertian Penilaian Kinerja :

Arti dari kata “penilaian” adalah “untuk menetapkan harga atau memberi nilai pada sesuatu”. Penilaian ini digunakan juga dalam istilah keuangan seperti penilaian proyek atau penilaian keuangan dimana nilai melekat kepada suatu proyek. Demikian pula penilaian kinerja adalah suatu proses yang menilai kontribusi karyawan dan berguna bagi organisasi

Tujuan Penilaian Kinerja :
  1. Untuk membantu meningkatkan kinerja saat ini
  2. Untuk membantu dalam mengembangakan karyawan
  3. Untuk menentukan kebutuhan pelatihan dan pengembangan
  4. Untuk memberikan umpan balik kepada karyawan dan membimbing mereka
  5. Untuk meninjau kinerja untuk tujuan penggajian
Adapun karyawan di seluruh organisasi dinilai dari kinerja mereka. Hal ini dapat dilakukan setiap tahundua kali setahunsecara berkala tergantung kebutuhan organisasi.

Jenis Penilaian Kinerja :
  1. Kepribadian berbasis sistem penilaian kinerja
    Disini penilai seharusnya menilai kepribadian dari orang yang sedang dinilai. Hal ini tidak banyak organisasi lakukan karena sangat subjektif dan menghakimi. Hal ini juga bisa menjadi bias dan berprasangka
  2. Kompetensi berbasis sistem penilaian kinerjaDisini analisis pekerjaan digunakan dan karyawan tersebut dinilai berdasarkan ketrampilan yang dimilikinyaMisalnya jika pekerjaannya berurusan dengan klien maka ia dinilai lawan efektivitasnya dalam berurusan dengan mereka. Hal ini memungkinkan baik organisasi dan karyawan untuk  melihat kekurangan yang harus diatasi dan dapat berguna dalam memberikan pelatihan kepada karyawan untuk memperbaiki penampilannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar